*** SELAMAT DATANG DI BLOG - DESA TUABATU - KAB TALAUD ***

Kamis, 16 Agustus 2012

PULAU SARA – KAB. TALAUD



















(NORTH SULAWESI – KAB. TALAUD) Pulau Sara,  yang terbagi atas dua bagian diantaranya, Sara Besar dan Sara Kecil, merupakan  pulau yang terletak di antara  3 pulau besar yaitu, Pulau Karakelang, Pulau Salibabu dan Pulau Mangaran  dan dapat di tempuh dengan waktu yang berbeda sesuai jarak jangkau dari ke 3 pulau tersebut. Jika dari Ibu kota Kabupaten Kepulauan Talaud (Kota Melonguanne) dan Mangaran  bisa di tempuh dengan waktu sekitar 15 menit. Jika di tempuh dari Pulau Salibabu, khususnya Kota Lirung bisa di tempuh dengan waktu 5 menit. Untuk menempuh pulau ini sesungguhnya masih belum ada transportasi reguler, namun bagi wisatawan dapat menggunakan perahu carteran (sekoci) dengan mesin 40 PK untuk 10 penumpang dengan biaya sewa Rp. 500.000 - Rp. 1.OOO.OOO,- (pulang-pergi) 

Bentuk pulau ini memanjang barat daya – timur laut, dengan luas mencapai lebih 6 ha untuk pulau Sara Kecil sedangkan untuk pulau Sara Besar ukurannya juga pasti lebih besar, dengan rataan terumbu yang mengelilingi seluas 11 ha. Pada timur merupakan daerah yang terbuka dan terdapat dataran yang menjorok keluar (spit). Vegetasi di pulau ini cukup padat, dengan sebaran pohon merata, didominasi oleh pohon pinus dan pohon kelapa serta pohon pisang dan pohon ketapang dibagian tepih dan tengah pulau.

Pulau ini belum dilengkapi dengan fasilitas dermaga kapal. Disisi bagian barat, pada surut terendah terdapat rataan terumbu karang yang mencapai jarak 1 km dan pada jarak 2 km terdapat daerah yang mempunyai kedalam yang curam hingga lebih 100 m. Wilayah perairan disisi selatan, timur, dan utara pulau ini merupakan alur pelayaran kapal.

Walaupun fasilitas masih  sangat terbatas, bagi mereka yang menyenangi suasana alami, pulau ini ini salah satu tempat yang ideal bagi mereka yang ingin melakukan camping atau sekedar berjemur di pantai pasir putih yang indah dan bersih, atau bagi mereka yang gemar bersnorkling disekitar perairan pulau ini, panorama taman laut dan keanekaragaman biotanya dengan laut yang bersih menjadi daya tarik tersendiri.

Kondisi terumbu karang di sekitar pulau umumnya masih baik dan sangat menarik untuk kegiatan snorkling. Kita dapat menjumpai berbagai jenis spesies karang, karang lunak, ikan karang, dan ikan hias, serta biota lautnya. Umumnya, pulau ini dimanfaatkan oleh wisatawan pemancing sebagai tempat transit, sebelum meneruskan ke perairan  Pulau Kabaruan.
Tentunya dengan adanya Objek wisata yang sangat baik dan berguna untuk menopang perkembangan ekonomi daerah lewat program pemberdayaan sumberdaya alam khususnya di bidang pariwisata, peran pemerintah daerah dari pimpinan tertinggi (Bupati Kab. Kep Talaud), harus berperan aktif dalam membangun otoritas suatu daerah yang dilandaskan pada system pemberdayagunaan sumberdaya alam yang yang tepat guna, bahkan kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Talaud agar mendukung serta setiap program yang jalankan oleh PEMDA setempat. 






















Tidak ada komentar: